Anies Puji Transportasi di Seoul, Warganet Bangga Punya Gubernur Anies

0
152
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan memuji integrasi berbagai moda transportasi publik di Seoul, Korea Selatan. Hal itu diungkapkan Anies setelah beberapa waktu lalu ia berkunjung dan melihat langsung moda trasnportasi di Seoul.

“Melihat ruang kendali Transport Operation and Information System (TOPIS) di Seoul. Ruang kendalinya sangat canggih, namun bukan itu kekuatan utama transportasi publik di Seoul, melainkan integrasi berbagai moda transportasi publiknya,” tulis Anies di akun Facebook-nya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini kemudian menjelaskan, selain subway, Seoul juga memiliki empat macam bus umum yang dibedakan dengan warna merah, biru, hijau, dan kuning.

“Keempat jenis bus ini berfungsi layaknya pembuluh darah dengan jalur utama dan jalur-jalur yang lebih kecil berfungsi sebagai feeder bagi jalur yang lebih besar,” paparnya.

“Integrasi ini memastikan tidak ada jalur yang tumpang tindih, sia-sia, dan tidak ada daerah yang tidak terlayani oleh transportasi publik,” tutup Anies.

Untuk diketahui, dalam beberapa hari terakhir, Gubernur Anies selalu berbagi cerita soal kunjungannya ke Jepang dan Korea. Dalam kunjungannya itu ia bertemu dengan sejumlah tokoh penting, dan menyampaikan adanya sinyal kerja sama antara Jakarta dengan Korea dan Jepang.

Menanggapi hal tersebut, banyak warganet yang memuji dan berharap apa yang dipelajari Anies di sana dapat diterapkan di Jakarta ketika sudah dilantik pada Oktober 2017 mendatang.

“Pak Anies akan makin sukses menjadi Gubernur lima tahun kedepan. Amin,” tulis RA Ridwan.

“Semoga bisa diintegrasikan di Jakarta, membuat Jakarta lebih baik! Bangga punya Gubernur kayak Pak Anies,” Agus Salim Dawang.

“Macet di Jakarta akan bisa diselesaikan kalau Pak Anies jadi Gubernur… Kalau masih belum diselesaikan juga, akan selesai kalau Pak Anies jadi presiden. Kalau masih macet juga, ibukotanya yang dipindah ke hutan. #ItuTeoriYangSedang Berjalan,” papar R Asep Eddy S.

Sebelumnya, Anies Baswedan-Sandiaga Uno di masa kampanye Pilkada DKI 2017, sempat berencana mengintegrasikan semua angkutan publik di ibukota bila terpilih sebagai Gubernur DKI, lewat program mereka yang disebut “One Karcis One Trip” (OK OTRIP).

Anies mengatakan, selain integrasi, mereka akan menerapkan tarif yang murah untuk warga Jakarta, yakni Rp5.000. Tarif tersebut, berlaku untuk tujuan ke seluruh wilayah DKI Jakarta, termasuk dari Jakarta Utara ke Kepulauan Seribu.

“Kami ingin, seluruh moda transportasi tersambung. Dari mikro bus, kemudian bus menengah sampai MRT (mass rapid transit) maupun LRT (light rail transit). Ini satu sistem,” ujar Anies di Jakarta.

“Rp5.000 semuanya, termasuk dari Kepulauan Seribu. Ketika mereka datang ke Jakarta, maka tiket yang dipakai kapal langsung bisa dipakai untuk semuanya. Yang kedua, manajemennya untuk membuat terintegrasi,” ungkapnya.

Di Sponsori Oleh : CamarQQ
7 Games Dalam 1 ID : poker – domino99 – aduq – bandarq – capsa – bandar poker – bandar sakong

loading...

LEAVE A REPLY