Pemerintah Segera Bangun Jalan Pakai Sampah Plastik

0
43
Pemerintah Segera Bangun Jalan Pakai Sampah Plastik
Pemerintah Segera Bangun Jalan Pakai Sampah Plastik

Pilot projek ini akan dilakukan di Bali.

Pemerintah akan mengadopsi langkah India yang sukses membangun jalan dengan menggunakan sampah plastik sebagai campuran material. Penggunakan aplikasi yang disebut Plastic Tar Road ini diklaim akan menghemat biaya pembangunan dan perawatan jalan, serta solusi dari persoalan sampah plastik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah beberapa waktu yang lalu telah mengundang ahli teknologi
tersebut, untuk menjelaskan keuntungan dari material sampah plastik sebagai pembangunan jalan. Jika mampu mengurangi biaya operasional, bukan tidak mungkin rencana ini akan dilakukan.

“Di India membangun jalan dengan mengubah material ke sampah plastik bisa hemat 10 persen. India membangun 1.000 kilometer jalan, selama 19 tahun tidak ada pemeliharaan. Kalau itu benar, hemat saya masalah sampah bisa terselesaikan,” kata Luhut, Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Rencananya, proyek percontohan atau pilot project tersebut akan mulai dibangun di Universitas Udayana dan jalan terpilih di Bali pada 2017 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Proyek awal ini pun diharapkan bisa disaksikaan dalam Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia pada 2018 mendatang.

Pada akhir 2018, proyek tersebut akan dibangun oleh mitra yang akan bekerja sama dengan pemerintah daerah di Cilincing, Jakarta Utara, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Pemerintah pun akan mengembangkan pembangunan serupa di wilayah pariwisata bahari lainnya yang memiliki produksi sampah plastik yang tinggi.

“Nah mungkin bingung kenapa Kemenko Maritim ngurusin beginian. Lebih bagus kita berbuat, daripada kita ngomong terus enggak jadi-jadi,” katanya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Pemerintah Segera Bangun Jalan Pakai Sampah Plastik
Author Rating
51star1star1star1star1star
loading...

LEAVE A REPLY