Selain Sebar Chat Palsu Kapolri, HP Ditangkap karena Hate Speech

0
116
Selain Sebar Chat Palsu Kapolri, HP Ditangkap karena Hate Speech
Selain Sebar Chat Palsu Kapolri, HP Ditangkap karena Hate Speech

Seorang pemuda berinisial HP (22), warga Jagakarsa, Jakarta Selatan ditangkap karena menyebarkan chat WhatsApp palsu antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. HP juga menyebarkan ujaran kebencian bernuansa SARA di akun Facebooknya.

“Bukan itu (penyebaran chat WhatsApp palsu) yang utama. Yang utama adalah konten SARA-nya,” jelas Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polrj Brigjen Fadil Imran

Menurut Fadil, HP memposting status-status di Facebooknya penuh dengan ujaran kebencian terhadap suatu kelompok, ras, agama dan antargolongan tertentu. Ia juga bahkan mengedit sejumlah gambar-gambar tertentu.

“Postingannya di medsos mengandung konten yang dapat menimbulkan perasaan kebencian yang bernuansa SARA,” ungkapnya.

Sebelumnya, beredar sebuah chat WhatsApp yang disebut-sebut antara Kapolri dengan Kombes Argo yang berisi soal kasus Firza Husein. Namun dapat dipastikan bahwa chatingan yang beredar itu adalah hoax alias bohong.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono sebelumnya menyatakan bahwa chat tersebut adalah hoax. “Itu tidak benar, namanya, fotonya sangat berbeda,” uhar Argo.

loading...

LEAVE A REPLY