Tak Cabut Banding Vonis Ahok, Jaksa Disebut Aneh

0
171
Tak Cabut Banding Vonis Ahok, Jaksa Disebut Aneh
Tak Cabut Banding Vonis Ahok, Jaksa Disebut Aneh

Tim kuasa hukum terdakwa kasus penistaan dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah mencabut banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Tapi tim jaksa penuntut umum belum juga mencabut banding yang diajukan pihaknya.

Chairul Huda selaku Pakar Hukum Pidana dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menilai banding yang belum dicabut JPU itu membuat PT DKI tetap memproses banding meski Ahok mencabut.

“Berarti Pengadilan Tinggin DKI Jakarta tetap memproses banding itu,” kata dia ketika dikonfirmasi, Minggu (28/5).

Dia menyebut apa yang dilakukan jaksa itu merupakan bentuk keanehan dalam hukum di Indonesia. “Ini menunjukkan kejaksaan memang semakin aneh dipimpin Prasetyo (Kejagung),” tegasnya.

Menurut dia, seharusnya JPU tidak perlu mengajukan banding jika benar mewakili kepentingan pelapor. “Bukan mewakili kepentingan negara atau masyarakat serta pelapor, tetapi justru lebih mewakili partai atau terdakwa,” kata dia.

Sebelumnya, Pengadilan DKI Tinggi Jakarta bakal menggelar sidang banding putusan terdakwa penistaan agama. Saat ini, Pengadilan Tinggi Jakarta telah membentuk majelis hakim sidang banding tersebut.

loading...

LEAVE A REPLY