7 Resep Rumahan Atasi Sariawan

0
122
7 Resep Rumahan Atasi Sariawan
7 Resep Rumahan Atasi Sariawan

Penyakit sariawan bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Meski sariawan dikategorikan bukan penyakit serius, tapi membuat tak nyaman makan dan berbicara.

Sejatinya munculnya sariawan menunjukkan indikasi ketidakseimbangan hormon atau kekurangan nutrisi. Sariawan juga disebabkan karena suhu tubuh yang panas, perokok berat, stres atau kebersihan gigi yang buruk.

Merokok dan minum minuman beralkohol dapat menyebabkan sariawan. Penyebabnya juga karena penggunaan bahan sodium lauryl sulfate dalam pasta gigi juga memungkinkan terjadinya sariawan.

Sariawan juga disebabkan karena kekurangan vitamin B-kompleks dan vitamin C. Jika mengalami sariawan, bibir pecah-pecah, atau gusi berdarah menunjukkan tubuh perlu asam folat, vitamin C, B-kompleks, dan bioflavonoid.

Untuk menyembuhkan sariawan, ada sejumlah resep rumahan yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan. Dilansir dari laman Boldsky, solusinya sebagai berikut.

1. Baking soda

Baking soda bekerja dengan baik karena menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh, membantu membunuh bakteri serta mempercepat penyembuhan.

Cara penggunaan, ambil satu sendok teh baking soda campur dengan secangkir air. Campuran ini kemudian digunakan untuk berkumur dan bisa diulangi dua kali dalam sehari.

2. Daun tulsi

Mengunyah daun tulsi bermanfaat mengobati ulkus mulut. Setelah mengunyah daun tulsi kemudian minumlah segelas air. Namun ramuan ini lebih bersifat mencegah daripada mengobati.

3. Madu

Madu mempunyai sifat antibakteri alami dan mempercepat penyembuhan. Madu juga efektif mempercepat pertumbuhan jaringan baru. Campur madu dengan bubuk kunyit kemudian oleskan di atas luka.

4. Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat, dan sedikit bersifat asam, yang bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena luka.

5. Chamomile

Bunga krisan mempunyai sifat antiseptik yang bisa digunakan untuk obat kumur. Ambil segenggam bunga ini kemudian seduh dengan air hangat. Cairan ini digunakan untuk obat kumur dua kali sehari sampai sariawan sembuh.

6. Teh

Letakkan kantong teh basah di atas bibir yang pecah-pecah atau mengalami sariawan. Teh hitam mengandung tanin yang mampu menghilangkan rasa sakit.

7. Daun ketumbar

Ambil segenggam daun ketumbar dan lembutkan. Setelah lembut bisa dioleskan di atas sariawan. Hal ini juga berlaku untuk daun jambu biji.

Sahabat Dream, cara ini memang efektif untuk menyembuhkan sariawan dan bibir pecah pecah. Namun sering kali membutuhkan waktu dan tenaga untuk membuatnya.

Jika kamu ingin cara yang mudah dan praktis, coba gunakan Larutan Penyegar Cap Badak. Cairan ini terbuat dari ramuan herbal modern yang efektif menyembuhkan panas dalam.

# BandarQ
# Domino99

loading...

LEAVE A REPLY