Hajar Kolesterol Jahat dengan Tomat

0
158
BandarQ, Domino99, Qiu Qiu, Capsa Susun, Domino Qiu Qiu
Hajar Kolesterol Jahat dengan Tomat

Menurunkan kadar kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan Anda memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya untuk mengubah apa yang Anda konsumsi untuk menekan kadar kolesterol.

Tapi apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan lemak yang bisa ditemukan didalam darah, yang diperlukan sel tubuh. Selain diproduksi oleh tubuh secara alami, kolesterol bisa bersumber dari makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Jika LDL bisa meningkatkan resiko stroke, sakit jantung dan serangan jantung, maka HDL bisa menekan resiko penyakit tersebut.

Risiko Akibat Menderita Kolesterol Tinggi
Adanya kolesterol dalam tubuh yang berlebihan, bukan tidak mungkin akan bertumpuk di arteri sehingga arteri mengeras dan tersumbat. Kelebihan kolesterol ini mampu sebabkan stroke dan serangan jantung, lantaran pembekuan darah dan peradangan. Mengatur pola makan memiliki peranan yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi.

Jika saat ini Anda tengah berjuang untuk menurunkan kolesterol tinggi, kini ada solusi praktis dan enak. Mulai sekarang, rutinlah konsumsi makanan yang mengandung tomat seperti pasta atau jus tomat. Menurut laporan penelitian yang dimuat oleh jurnal Maturitas, makanan dari tomat yang dimasak seperti pasta ternyata mempunyai manfaat yang hampir serupa dengan obat kimia penurun kolesterol.

Para ilmuwan sangat merekomendasikan tomat sebagai alternatif yang efektif pengganti statin (jenis obat yang biasa diresepkan untuk kondisi yang menyebabkan gangguan jantung). Menurut ilmuwan, dengan hanya konsumsi 2 ons atau setara 60 gram pasta tomat atau 1/8 sari buah tomat setiap harinya sudah cukup bagi penderita untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Para ilmuwan menekankan, tomat yang telah dimasak merupakan sumber terbaik. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitan di mana tubuh mampu menyerap likopen lebih banyak dari tomat yang dimasak ketimbang dengan tomat yang belum dimasak.

Kabar ini diperoleh dari kajian para ilmuwan di Australia yang menganalisis 14 penelitian internasional mengenai manfaat likopen dalam 55 tahun terakhir. Mereka berkesimpulan, senyawa tersebut bisa memberikan perlindungan alami terhadap dampak peningkatan kadar kolesterol jahat.

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN!!!

Tomat adalah makanan yang diperkaya oleh manfaat, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk bagi kesehatan yang akan muncul yaitu meningkatnya asam lambung, daya tahan tubuh berkurang, adanya masalah pencernaan, memicu IBS (Irritable Bowel Syndrome), dan membentuk batu ginjal.

loading...

LEAVE A REPLY