Hati-hati, Ini 5 Reaksi Tubuh Jika Anda Berhenti Olahraga Rutin

0
70
Hati-hati, Ini 5 Reaksi Tubuh Jika Anda Berhenti Olahraga Rutin
Hati-hati, Ini 5 Reaksi Tubuh Jika Anda Berhenti Olahraga Rutin

Kebiasaan berolahraga yang rutin tentu mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika sedang diet, olahraga sangat penting untuk membantu membakar lemak dan mengurangi berat badan Anda.

Namun apakah Anda akan berhenti olahraga setelah diet selesai dan tubuh Anda langsing?. Tentunya tidak, karena ketika berhenti olahraga tubuh Anda akan mengalami perubahan, mulai dari tekanan darah hingga kondisi stamina Anda.

Nah, ada beberapa hal yang bisa terjadi pada tubuh Anda jika berhenti berolahraga, diantaranya:

Tekanan Darah Naik
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Applied and Basic Medical Research, menyebutkan, bahwa tekanan darah bisa naik saat Anda berhenti olahraga. Tekanan darah menyesuaikan dengan gaya hidup yang lebih lambat, dalam sebulan Anda bisa melihat perubahan tekanan darah jadi lebih tinggi.

Berat Badan Naik
Berhenti olahraga, otot-otot tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membakar lemak. Metabolisme tubuh pun akan melambat. Hal ini bisa berdampak pada naiknya berat badan.

Moody atau Suasana Hati tidak Stabil
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Psychiatry, tidak olahraga selama seminggu bisa membuat Anda jadi gampang uring-uringan. Anda juga bisa memiliki mood (suasana hati) yang naik turun atau tidak stabil.

Otot Menggelambir
Otot tubuh yang tadinya kencang bisa menggelambir begitu Anda berhenti olahraga. Kalau tadinya Anda rutin olahraga, lalu berhenti olahraga selama dua minggu, maka otot-otot tubuh Anda bisa tidak lagi sekencang sebelumnya.

Stamina Menurun
Dua minggu tidak olahraga, stamina Anda bisa menurun. Salah satu penyebabnya adalah karena Anda kehilangan mitokondria di dalam sel-sel otot yang berfungsi mengubah oksigen menjadi energi.

loading...

LEAVE A REPLY