Jangan Buang Kulit Pisang, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh

0
120
Jangan Buang Kulit Pisang, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh
Jangan Buang Kulit Pisang, Banyak Manfaatnya untuk Tubuh

Selama ini Anda pasti sering membuang kulit pisang. Tapi tahukah Anda, ternyata kulit pisang punya manfaat kesehatan yang luar biasa. Mengonsumsi kulit pisang juga sudah lama dipraktikkan oleh masyarakat India untuk memetik manfaatnya.

Berikut ini 10 manfaat konsumsi kulit pisang seperti dilansir dari Times of India.

Baik untuk depresi

Kulit pisang kaya akan serotonin, bahan kimia yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan baik. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Taiwan, jika Anda mengonsumsi dua kulit pisang selama tiga hari berturut-turut, kadar serotonin Anda akan meningkat hingga 15 persen.

Tidur lebih nyenyak

Kulit pisang juga kaya akan triptophan, zat kimia yang diketahui dapat memancing tidur yang lebih rileks.

Menurunkan kadar kolesterol

Kulit pisang mengandung serat larut dan tidak larut. Bahkan seratnya lebih tinggi dibanding buahnya. Selain itu, dapat membantu menurunkan kolesterol, sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang dengan kadar LDL (kolesterol jahat) yang tinggi telah membuktikan fakta di atas. Ketika para partisipan mengonsumsi kulit pisang setiap hari, dilaporkan jika kadar kolesterol jahat mereka sangat berkurang.

Menurunkan berat badan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, kulit pisang bisa membantu menurunkan berat badan.

Meningkatkan imun

Kulit pisang bisa menghasilkan ruang bagi bakteri baik untuk tumbuh di dalam usus Anda dan karena itu bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Kulit pisang bisa membantu menghilangkan atherosclerosis dari tubuh dengan mencegah kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah Anda.

Membantu detoksifikasi

Karena adanya bakteri baik di usus Anda, kulit pisang bisa membantu menghilangkan konstipasi dan karenanya dapat mendetoksifikasi tubuh dan
menciptakan sistem imunitas tubuh yang lebih baik.

Melindungi sel darah merah

Kulit pisang membantu melindungi sel darah merah di dalam tubuh Anda dari kerusakan. Diketahui kalau kulit pisang hijau lebih efektif menghasilkan efek ini.

Kesehatan mata

Kulit pisang mengandung lutein yang penting bagi penglihatan di malam hari. Kulit pisang juga bisa mencegah degenerasi otot dan mencegah katarak.
Sehatkan kulit dan agen antiperadangan

Kulit pisang merupakan agen antiperadangan yang baik yang dapat meredakan segala macam peradangan. Kulit pisang juga bisa menangani masalah kutil, psoriasis, kulit gatal, gigitan serangga, ruam kulit, keriput, dan menghasilkan tekstur kulit yang lebih baik.

loading...

LEAVE A REPLY